Home

Entah kenapa di tanggal 17 Agustus 2016 ini tiba-tiba saja rasa nasionalisme saya muncul dan serasa meletup-letup (walau ga sampai meledak-ledak kayak petasan rentet).

Mungkin karena di tahun ini saya mendapatkan tanggung jawab yang (bagi saya) cukup besar untuk memimpin upacara bendera sekaligus lomba-lomba “17an” di TK yang saya kelola?

Mungkin karena di tahun ini tim bulutangkis Indonesia menang dan meraih medali emas di Olimpiade Rio?

Atau mungkin karena beberapa tahun belakangan ini saya selalu menyuarakan ‘Nasionalisme’ dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun baik teman-teman Indonesia saya maupun teman-teman expatriat saya?

Ah entahlah karena apa, yang pasti tanggal 17 Agustus 2016 ini saya merasakan rasa nasionalisme yang lebih daripada biasanya, jika biasanya dengan segala kemeriahan 17an saya merasa datar (atau mungkin lebih menjurus ke apatis), tapi tahun ini justru dengan segala kesederhanaan suasana 17an di tempat saya berada sekarang ini malahan rasanya saya bangga dan beruntung sekali lahir dan besar di Indonesia, dengan segala carut marutnya dengan segala kelebihan dan kekurangannya tapi saya tetap bisa menikmati setiap hari, jam, menit dan detik hidup saya di Indonesia.

Merdekalah selalu Indonesia!

Maju terus pantang mundur!

Jayalah selalu di antara bangsa-bangsa!

One thought on “17 Agustus 2016

Leave a comment